5 Tips Menggunakan Internet Dengan Bijaksana

|
sumber gambar : gambutku.com
Internet? hmmm...rasanya kata yang satu ini tidak asing di telinga kita bukan?

Internet memiliki banyak manfaat untuk kita, namun disamping itu semua internet juga memiliki dampak buruk yang dapat berpengaruh besar bagi kehidupan kita. Kita dapat menghindari dampat buruk tersebut dengan menggunakan internet dengan bijaksana.

Berikut tipsnya!

1. Menggunakan Bahasa yang Sopan

Gunakanlah bahasa yang sopan saat anda menggunakan jejaring sosial (Facebook, Twitter, Friendster,dll). Jejaring sosial untuk memperat persahabatan dan menambah pertemanan, bukan untuk mencaci maki orang maupun membuat permusuhan, Jadilah sopan.


2. Ingat Waktu Saat Menggunakan Internet

Banyak orang yang menjadi kecanduan internet karena lupa waktu, akibatnya tugas-tugas terbengkalai dan telat menjalankan jadwal kegiatan. Ingat waktu dan gunakan internet seperlunya saja, bila perlu anda dapat memasang alarm untuk membatasi penggunaan internet. Ingatlah waktu anda sangat berharga!


3. Jangan Mudah Percaya

Jangan mudah percaya dengan orang yang baru kita kenal di dunia maya. Jika orang tersebut mengajak anda bertemu dengan berbagai macam alasan, lebih baik jangan mudah menerima ajakan tersebut, karena kita tidak tau apa niat dibalik orang tersebut baik atau sebaliknya.


4. Gunakan Internet Untuk Hal yang Berguna

Banyak orang menggunakan internet hanya untuk bermain game online atau hal lainnya yang tidak begitu penting. Baiknya, jika anda menggunakan internet untuk berbisnis, menambah wawasan kita tentang dunia pendidikan atau untuk mengembangkan potensi kita.


5. Berbagi Informasi

Dengan internet kita bisa berbagi informasi dan ilmu positif yang dapat bermanfaat bagi pengguna internet lainnya. Jangan gunakan internet untuk menyebarkan virus, HOAX, dan hal yang berbau pornografi, karena sangat berdampak buruk bagi pengguna internet lainnya.


Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan?
SEMANGAT! selamat mencoba ^^

0 comments:

Posting Komentar