5 Fenomena Api...

|
1. Air terjun api


Air terjun? mungkin hal yang sudah biasa di dengar banyak orang, akan tetapin seringkah anda mendengar air terjun api? fenomena unik tersebut dapat anda lihat di Horsetail Falls yang berada di Yosemite National Park, California. Api terjun itu terdapat di gugusan pegunungan Sierra Nevada, sebelah barat Danau Tahoe, memiliki ketinggian 2.000 kaki atau sekitar 600 meter, air terjun api ini pada dasarnya merupakan air terjun biasa, tetapi unik karena
mendapat ekspos cahaya dari matahari yang besar.


2.Fenomena Api Abadi di Pamekasan



Di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan tedapat objek wisata yang cukup terkenal dan telah menjadi salah satu fenomena api yaitu "Api Abadi". Api itu tidak pernah padam meskipun di berikan air atau terkena hujan sederas apapun, lebih anehnya lagi api hanya menyala di tanah sekitar lingkaran pagar, sehingga warga tidak khawatir api akan menjalar ke rumah mereka. Jika tanah di sekitar titik api digali, nyala api akan menjadi besar. Tapi, warga tidak bisa dengan sengaja membuat titik api baru meski di dalam lingkaran pagar. Dari fenomena tersebut terdapat lagenda yang di percaya oleh warga sekitar, yaitu lagenda Kiai Moko , seorang sakti dan ternama di Madura. Sebuah penelitian tentang kandungan gas alam atau minyak di lahan sekitar lokasi pernah dilakukan, tapi tidak menemukan apa pun.


3. Api yang Tetap Menyala di Dasar Laut



Fenomena api yang satu ini sangat unik, karena meskipun api dari lava itu terkena air, api itu tak padam sama sekali. Fenomena ini terjadi karena
retakan di dasar lautan yang mengeluarkan lava, dan lava ini menyebabkan air mendidih hingga suhunya lebih dari seribu derajat Celcius. Dia tidak dapat membuat air meluap dan dia tak dapat padam dengan air laut yang ada.


4. Tornado Api



Tornado api ini tercipta di antara kebakaran besar di Budapest, Hungaria. Sampai sekarang, penyebab dan jumlah korban kebakaran belum diketahui. Demikian menurut kantor berita Reuters. Tornado api tersebut berjalan selama 1 jam atau lebih karena api tornado ini hanya dapat padam jika inti pusaran sirna. Diameter tornado api itu biasanya sebesar 0,3 hingga 0,9 meter dan tingginya mencapai sekitar 3 meter dan dapat melebar lebih dari 3,5 meter dengan tinggi ratusan meter.


5. Pelangi Api


Fenomena ini memiliki nama lain yaitu circumhorizontal busur, fenomena ini memiliki simetris lebih indah 46°. Fenomena tersbut sangatlah indah karena warna dan bentuknya hampir menyerupain pelangi.



0 comments:

Posting Komentar