FISIKA SUSAH? INI TIPS BELAJARNYA

|
     


Banyak orang mengatakan bahwa pelajaran Fisika itu susah sehingga malas mempelajarinya, apalagi kalau guru yang mengajar guru yang "KILLER". Tetapi sebenarnya Fisika itu MUDAH dan ini tips untuk belajar fisika.
  1. Rileks dan Berkata "FISIKA GAMPANG"
  • Jika kita rileks kita akan merasa nyaman dan otak kita akan mudah untuk mempelajari sesuatu, apalagi kalau kita berkata bahwa fisika itu GAMPANG, otak kita akan menerima sugesti itu dan kita akan merasa belajar fisika itu GAMPANG sehingga senang mempelajarinya.

   2. Cari Posisi yang Nyaman Untuk Belajar
  • Carilah posisi senyaman mungkin untuk belajar mungkin dapat dengan tiduran, berduduk santai, bersila, sambil mendengar lagu, dan lain-lain yang penting anda dapat berkonsentrasi belajar.

   3. Berdoalah! INI YANG PALING PENTING
  • Berdoa membuat kita berkomunikasi dengan Tuhan sehingga Dia akan membantu kita yang sudah berusaha sebaik-baiknya.

   4. Pelajari Step By Step
  • Jika belajar fisika pelajarilah dahulu penjelasan-penjelasannya sebelum memasuki rumus, supaya kita tidak bingung terhadap rumus yang kita tidak tahu dari mana asalnya karena belum mengetahui penjelasan sebelumnya.

    5. Mengerjakan Contoh Soal
  • Dengan mengerjakan contoh-contoh soal kita dapat mengetahui pada saat mana kita dapat menggunakan rumus itu atau pada saat soal apa harus menjawab yang sudah dipelajari.

    6. Pelajari Tiap Hari
  • Dengan belajar tiap hari kita tidak akan kewalahan dengan rumus-rumus, karena sudah kita cicil tiap hari dan juga kita tidak akan cepat lupa jika besoknya kita pelajari hal yang sama.

    7. Membayangkan Penerapan Fisika Dilingkungan
  • Dengan ini kita dapat mengingat-ingat dengan asyik pelajaran fisika yang kita pelajari dengan mengaitkan kondisi lingkungan dengan fisika. Contohnya jika kita memasak air maka akan ada air yang menguap disana kita dapat membayangkan berapa kalor yang diperlukan, berapa waktu untuk menguap, bagaimana cara menghitungnya, dan lain-lain sehingga keingin tahuan kita semakin bertambah.

    8. Mencari Pembimbing Belajar Yang Cocok
  • Jika cara-cara di atas kurang memuaskan anda carilah guru-guru pembimbing yang cocok dengan anda sehingga anda sendiri senang jika dibimbing dengan guru tersebut dan anda menjadi tertarik belajar fisika. Dengan belajar bersama guru pembimbing kita juga dapat mengetahui penjelasan-penjelasan yang mungkin tidak terdapat dibuku yang kita pelajari maupun pengetahuan dari pengalaman guru tersebut.

0 comments:

Posting Komentar